Cara Ampuh Agar Usaha Keluar sebagai “Pemenang” di Masa Pandemi

Cara Ampuh Agar Usaha Keluar sebagai “Pemenang” di Masa Pandemi

Cara Ampuh Agar Usaha Keluar Sebagai "Pemenang" Di Masa Pandemi

By Audrey - Friday, Feb 19, 2021

 

 

 

 

Sejak awal tahun 2020, seluruh sektor usaha tentu terkejut dengan kedatangan “tamu tak diundang” dari daratan Asia Timur yang benar-benar mengubah kebiasaan dan cara hidup semua orang di dunia. Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat sipil untuk dapat bertahan hidup dan menjaga roda ekonomi agar terus berputar.

 

Kampanye #dirumahsaja yang tidak hanya sekedar kampanye tetapi juga sempat menjadi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah agar seluruh masyarakat melakukan kegiatan di rumah karena pemberlakuan PSBB, membuat berbagai tempat usaha perlu melakukan penyesuaian karena kegiatan ekonomi tatap muka tidak bisa terjadi dengan maksimal.

 

Namun pandemi tidak bisa terus-menerus jadi alasan sebuah usaha tidak bisa berkembang. Ada 3 cara ampuh yang bisa digunakan untuk menggiatkan usaha di tengah-tengah pandemi. Apa sajakah itu?

 

ADAPTASI

Sebuah usaha sejatinya bersifat dinamis. Ia harus bisa menyesuaikan dirinya dalam keadaan dan situasi apapun. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang, adaptasi adalah hal pertama yang seorang pengusaha perlu lakukan terhadap usahanya. Penerapan adaptasi ini beragam macamnya, bisa dimatangkan terlebih dahulu melalui sebuah perencanaan dan strategi.

Pengusaha bisa melakukan adaptasi terhadap harga atau jenis produk yang dijual. Contohnya, di awal-awal masa pandemi, banyak usaha yang memberikan harga lebih murah untuk pembelian produk mereka dengan kuantitas yang lebih banyak.

 

INOVASI

Selain melakukan berbagai penyesuaian, kreativitas pengusaha pun diuji dalam kondisi pandemi seperti sekarang. Pengusaha harus bisa menciptakan produk yang cocok untuk dipilih dan digunakan konsumen di masa pandemi. Contoh terdekat yang bisa kita ambil adalah kemunculan kopi-kopi literan yang diproduksi oleh Denyut Kopi. Karena pengunjung kedai kopi kini terbatas, pengusaha kopi pun berinovasi menciptakan kopi literan yang bisa konsumen nikmati di rumah.

 

KOLABORASI

Di saat-saat seperti ini, kita justru perlu bahu-membahu dengan berbagai usaha lain untuk dapat bertahan dan justru keluar sebagai “pemenang”. Kolaborasi ini beragam maknanya. Pengusaha dapat berkolaborasi dengan pengusaha lainnya untuk memproduksi sesuatu yang bersifat inovatif, atau bekerja sama untuk membuat sebuah paket yang akan konsumen sukai.

 

Salah satu langkah paling konkret dalam menggiatkan usaha di masa pandemi adalah dengan berkolaborasi langsung bersama Yukomikus.com, koloni kreatif yang bisa membantu Anda melakukan produksi konten kreatif dan promosi digital. Karena di masa sekarang, promosi digital adalah cara terbaik bagi Anda untuk dapat “menyentuh” target pasar Anda yang saat ini lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya.

 

Perjalanan promosi usaha Anda akan kami temani, dimulai dari pengembangan identitas bisnis, hingga kehadiran bisnis Anda yang jauh lebih dekat dengan audiens yang Anda target secara digital. Beragam jasa kreatif kami tawarkan untuk “mewarnai” dan menggiatkan usaha Anda, dimulai dari pembangunan identitas brand hingga proses pemasaran digitalnya.

 

Tenaga profesional yang akan membantu Anda tidak hanya berpengalaman dalam menggunakan tools yang akan dimaksimalkan, tetapi juga kompeten dalam menyuguhkan “cerita” yang akan menyempurnakan proses promosi produk Anda. Karena audiens di masa kini tidak tertarik pada keunggulan produk yang Anda jual. Mereka justru menaruh perhatian pada “cerita” dan pengalaman yang bisa mereka rasakan saat menggunakan produk Anda.

 

Jadi, solusi untuk selangkah lebih maju dan keluar sebagai “pemenang” di masa pandemi seperti sekarang adalah dengan memaksimalkan kehadiran usaha Anda di dunia digital dengan berkolaborasi langsung bersama Yukomikus.com.

FACEBOOK
FACEBOOK
Twitter

Other Articles